Senin, 12 Juli 2010

Cara Mudah Membuat Theme (template) Blogger, Wordpress, Joomla dan Drupal

logo wordpress, joomla, drupal
Jika Anda ingin membuat tema Wordpress Anda sendiri, namun belum menguasai PHP maupun CSS, mungkin tulisan ini berguna.

Gunakan software Artisteer. Dengan software ini Anda dapat:

  • Membuat berbagai macam template keren dengan satu kali klik (didapat dengan mengacak berbagai elemen template. Secara teori, hasil desain tak terbatas)
  • Jika kurang puas, Anda bisa menyunting template hasil desain yang disarankan
  • Membuat website yang HTML dan CSS-nya valid. Sesuai standar web.
  • Jika Anda seorang desainer web, Artisteer bisa digunakan untuk membuat acuan template bagi klien
  • Bisa mengatasi kompatibilitas antar browser

Tampilan software ini mirip dengan Microsoft Office 2007, cukup mudah digunakan. Jika Anda sering menggunakan komputer, pasti bisa cepat menyesuaikan.

Cara menggunakan Artisteer:


screenshot artisteer untuk membuat template wordpress, joomla,  blogger dan drupal

  1. Pada tampilan awal, Anda akan ditanyakan, template macam apa yang akan dibuat. Apakah Blogger, Wordpress, Joomla, Drupal atau HTML biasa.
  2. Kemudian muncul tampilan template yang disarankan. Klik tombol Suggest Design pada toolbar untuk melihat berbagai alternatif tampilan yang lain.
  3. Setelah ketemu desain yang cocok, Anda bisa mulai menyunting tema sesuka hati. Anda bisa mengatur layout, header, gambar, blok-blok tulisan, jenis huruf, warna, footer, tombol, ikon, dan sebagainya.
  4. Setelah dirasa cocok, klik menu Export

Nah, kira-kira software sehebat ini gratis atau berbayar?

Anda bisa mengunduh versi trial-nya secara cuma-cuma di sini. Pada versi trial, Anda tetap bisa meng-ekspor template yang sudah jadi. Namun semua gambar yang disertakan (baik foreground maupun background) dikotori dengan tulisan trial.

Anda tetap bisa mendapatkan manfaat Artisteer secara gratis, kalau Anda mau lebih berusaha. Misalnya dengan meng-edit gambar yang dikotori tadi dengan Adobe Photoshop. Yang penting kan kode HTML, PHP dan CSS-nya masih bisa dipakai :)

Anda mau versi penuh? Silakan membayarnya. Artisteer memiliki dua versi. Home & Academic Edition seharga $49.95 dan Standard Edition seharga $129.95. Versi Home & Academic hanya mendukung template Wordpress dan Blogger. Mahal? Kalau untuk satu website memang mahal. Lha kalau untuk membuat 10 website? Saya rasa harganya cukup sepadan untuk membuat 10 website ke atas.

Masih tetap mau yang gratisan tapi fungsionalitas penuh? Ya cari saja bajakannya. Kalau untuk yang ini jangan tanya saya, ya! :)

Unduh Artisteer di: http://www.artisteer.com/?p=downloads

Semoga berguna. Kalau mau memberi komentar silakan saja :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar